Minggu, 24 Juni 2012

Bintitan



Barusan buka folder foto-foto dan tiba-tiba nemu foto pas bintitan kemaren. Sempet-sempetnya yah pas sakit minta difotoin. Hehe. Makasih ya Mpep XD. Ide buat foto adalah atas usulan Ferdy yang malem sebelumnya kami sempet chattingan.

Berawal dari mata bagian atas yang sempet sakit sampe tiga hari tapi nggak ada tanda-tanda fisik yang bisa dilihat. Emm…maksutnya matanya nggak merah, benjol, dan sebagainya. Matanya masih normal banget. Sempet cerita ke teman tapi mereka juga nggak tau. Terus pas nganterin Ayu ke dokter gigi, sempet juga waktu itu nanya ke mbak-mbak di klinik kampus bisa ngga dokternya meriksain mata yang lagi sakit. Ternyata nggak bisa, biasanya langsung dirujuk ke rumah sakit. Serem amat yaa..

Akhirnya di hari ke empat pas bangun tidur, kantung mata sebelah kanan bagian bawahnya  gede nggak nyante dan agak merah. Bengkak. Dan sakitnya itu loh, buat ngedip aja sakit. Masih belum kepikiran itu penyakit apa. Hari Sabtu pagi kebetulan  mau ngajar, akhirnya mampir apotek dulu buat beli obat. Pas sampai di sana aku nanya “mbak di sini bisa sekalian periksa ke dokter kan?”. Terus kata mbaknya “oh iya, mbak mau periksa?”. Mbaknya nanya serius banget, ngira kalo aku sakit parah. Terus aku bilang “Cuma mau periksa  mata sih mbak.” Mbaknya: “Oh, bintitan ya mbak? Saya kasih salep aja yaa.” Untuk beberapa saat cuma melongo sebelum mengiyakan. Heheh..

Terus saya nanya penyebab bintitan itu apa. Dan mbak-mbak tadi bilang “oh, itu gara-gara VIRUS.” Setelah menjelaskan cara pakainya, saya cabut deh. Sampai di kosan langsung make salep tadi sambil gugling tentang bintitan. Dan FYI, ternyata penyebab bintitan itu adalah BAKTERI bukan VIRUS seperti yang dikatakan mbak di apotek tadi :|  Lebih parah lagi kalo ada yang ngatain bintitan gara-gara abis ngitipin orang.

Jadi, penyebab bintitan atau bahasa kerennya hordeolum adalah bakteri Stafilococcus aureus pada kelenjar-kelenjar. Tapi ada juga yang bilang kalau penyebabnya adalah peradangan muara kelenjar pada lapisan kelopak mata dimana terdapat produksi cairan air mata dan keringat. Terus nanti bakalan ada benjolan di balik kelopak mata. Yang jelas bukan gara-gara virus dan ngintip yeee…

Saya jadi agak meragu pake salepnya. Kata ibu saya disuruh ngompres mata pake air anget. Kemaren sehari bisa sampai 5 kali ngompresnya. Dan setelah beberapa pemakaian salep tadi, nampaknya belum ada kemajuan dan tanda-tanda sembuh. Akhirnya ibu nyuruh periksa ke dokter aja dan minta obat yang diminum.

Minggu malem akhirnya saya baru pergi ke dokter. Kalo siang-siang panas dan banyak debu. Pasti nanti lebih sakit kan. Orang buat keluar beli makan aja takut. Untung waktu itu ada Ayu yang kebetulan pergi ke kosan temen dan mampir ke kosan saya. Bisa nitip Ayu deh, meskipun harus nunggu sampai jam 11 baru bisa sarapan. Tapi Allah memang baik, di saat yang di sekitaran saya nggak bisa bantuin dan tolongin saya, Ayu dateng  membantu :’)

Pergi ke dokternya dianterin Anggi dan pake acara kebablasan. Soalnya Tri bilang kalo kliniknya di deket pom bensin yang sana, bukan yang sini. Tapi ternyata yang di sini *haha..nggak jelas. Sesampainya di klinik, saya disambut seorang dokter muda. Terus diperiksa matanya. Saya pun curhat panjang lebar. Dan tentang salep yang saya ragukan tadi, ternyata salepnya udah BENER. Maaf ya mbak apotek, saya sempet suudzon. Si dokter akhirnya cuma ngasih obat antibiotic yang harus diminum 3 kali sehari dan segala petuah buat nggak iseng megang-megang mata. Siap !! obat dan salepnya sampe sekarang masih lhoo.

Dan taukah sodara-sodara, Senin paginya saya harus menghadap dosen pembimbing di Lapangan Banteng. Langsung terbayang Jakarta yang panas dan berdebu akan menyambut mata yang sedang sensitive ini. Akhirnya, saya pinjem kacamata Mpep. Kacamatanya minus lagi. Aaaa… tapi kok biasa aja ya pas dipake. Nggak papa lah ya demi melindungi mata meskipun akhirnya mata tetep gatel sampe bikin pusing. Pengennya sih sampai di sana langsung ketemu Pak Sunu, outline ditandatangani dan langsung cabut pulang. Tapi sesampainya di Gedung Juanda II ternyata Pak Sunu sedang rapat. Menunggulah kami selama hampir 1 jam. Aaa… mata gatelnya nggak karuan. Entah kenapa pas akhirnya ngadep Pak Sunu, tiba-tiba keluar air mata. Air matany cuma keluar dari mata yang sebelah kiri sih, tapi nggak berenti-berenti. Saya kan maluuu  -_____-“

Alhamdulillah sehari kemudian udah mendingan. Memang bener deh kata dokter Gun dulu, “obat yang paling manjur adalah diri kamu sendiri.” Yup, sugesti buat sembuh yang kita bikin sendiri.


Foto atas pas bintitan, foto bawah pas mata normal dan lagi nahan ketawa




Foto pas hari Selasa, pake kacamata Mpep, ada yang bilang saya cute lhoh,, haha


 Mata sebelah kiri masih bengkak, yang kanan udah mendingan

Mata pas bintitan sama pas mata normal sebenernya nggak terlalu jauh beda. Soalnya kantung mata saya emang gede. Haha.. Dulu pas kecil sering pada bilang “kalo ketawa jangan merem, nanti ditinggal temennya loh.” Terus pas briefing promosi STAN dulu, bang Bin, kakak kelas saya  bilang “cah gamata ono cina ne to saiki?” Zzzz… cina dari hongkong? Jawa asli gini kok. Terus ada juga komentar Saidi di salah satu fotonya yang bilang saya mirip orang Jepang -____-

Mulai sekarang nggak lagi deh pegang-pegang area muka dengan tangan yang kotor.

4 komentar:

  1. mbak, foto paling atas bintitannya di mata apa di pipi...wkwkwk (^ム^)

    BalasHapus
  2. kalo kata orang tua, penyebab bintitan itu bukan bakteri.. tapi karena dikencingi kecoa... tapi ntah orang tua siapa itu...hahaha

    ternyata butiran debu bisa memperparah bintitian ya,,,

    BalasHapus
  3. iyaaa..aku juga pernah denger mitos itu -_____-"

    tidak selamanya butiran debu itu jadi favorit.

    BalasHapus
  4. Mbak salep buat bintitan namanya apa ya?

    BalasHapus