Jumat, 04 Januari 2013

Pramuka


Salam Pramuka!

Saya sukaaaa banget sama Pramuka. Jaman SD aja tapinya. Menyenangkan sekali. Mulai masuk SMP, iyyyuuuuhh males banget. Kakak kelasnya sok-sok-an banget.

Pengalaman ‘karir’ kepramukaan pertama kali di usia 8 tahun, saat kelas 3. Jadi, waktu itu SD saya  --SD N 1 Wonokerso, SD terkeren sekelurahan—ditunjuk untuk mewakili Kabupaten Temanggung di ajang Pesta Siaga tingkat Karesidenan Kedu, bersama satu SD lain. SD yang satu ini SD kota. Karesidenan Kedu sendiri terdiri dari beberapa kota dan kabupaten, yaitu: kota dan kabupaten Magelang, Kab. Purworejo, Kab. Kebumen, Kab. Wonosobo, dan Kab. Temanggung. Pesta Siaga tahun tersebut diadakan di Kebumen. Di pantai Ayah. Seruuuuuu!!!

Pengalaman pertama tidur jauh dari rumah jauh dari keluarga. Pas hari H-nya ditengokin keluarga loh, bersama rombongan keluarga teman-teman yang lain :D

Saya lupa berangkat pukul berapa dan hari apa dari rumah. Ngumpul di SD dulu, baru berangkat. Tapi rombongan mampir dulu ke kantor Kwarcab Temanggung buat lapor. Hayoooo….siapa yang nggak tau kwarcab? :3 Eh, tapi bener kan yaa yang di tingkat kebupaten namanya kwarcab? --______--

Nginepnya di ruang kelas sebuah sekolah. Tidur di karpet, sebelahan sama sepupu saya. dia ketua barung kami, barung hijau. Umurnya dua tahun lebih tua dari saya. Kemana-mana ngintil dik Upaaaa terus. Tak terkecuali saat mandi. Hahaa… Kan masih kecil waktu itu.

Pertarungan antar barung pun dimulai setelah acara resmi dibuka oleh Bupati Kebumen waktu itu. saya inget banget, bupatinya cantiiiiiik banget. Itu Ibu Rustriningsih bukan ya, yang sekarang menjabat Wagub Jawa Tengah.

Karena lokasinya di daerah pantai, jadi panasnya ya sampe ke ubun-ubun. Kayak gurun pasir gituuu, bergunduk-gunduk *halah.. Lari-lari pun nggak bisa cepet. Berat. Tapi Alhamdulillah, kami sehat dan semuanya lancar-lancar aja.

Beberapa games yang saya inget di Pesta Siaga ituuuuu:
1.       Gerak dan tari à nampil pake lagu “Wes e Wes e Wes” (nggak tau judulnya). Trus pake pom-pom jugaaa. Lucuuu :3
2.       Menghafal warna
3.       Mengenali dan mengetahui manfaat dari tanaman
4.       Menghafal bentuk
5.       Tali-temali, dll.

Pramuka Siaga adalah saatnya untuk bemain-main gitu yaaa. Ehmm…tapi bukan main ati ya guys *uupss. Dan lumayanlah Barung Hijau kami berhasil nyabet juara juga. lupa deh tapi, antara 2 atau 3 siiih. Setidaknya terbayarlah usaha dan latihan berbulan-bulan kami :’)

Atas prestasi tersebut, di tahun berikutnya, saya dinaturalisasi ke SD lain untuk pesta siaga tingkat kabupaten, mewakili kecamatan. Alasannya: saya lumayan *ehem* pinter , masih muda, dan badannya kecil -_____-.

Dan itu illegal sebenernya. Saya bersama 2 teman lain tiap hari wira-wiri latihan pramuka. Dianterin bapak. Seneng deh punya banyak teman baru. Lupa dapet juara berapa. Ya sayangnya di ajang ini saya nggak berhak dapet piagam. Ya iyalah, lha wong saya kan pake nama orang yang saya gantiin itu L

Tingkatan Siaga. Saya udah sampe Tata looh B)
Terus yaaa, kelas 6 SD saya masih berkarir dalam dunia Siaga juga dooong. Kali ini saya dipercaya jadi ketua barung untuk Pesta Siaga tingkat kabupaten. Dan lagi-lagi Barung Hijau :D End, you know what? Yang jadi pemandu barung kami waktu itu adalah DATU REMBULAN. Istrinya Tria nde cangcut itu loooh :3 Waktu itu, dia masih jadi siswi SMP N 2 Temanggung. saya bisa inget dia soalnya cantiiik dan namanya yang unik. Tapi sayang, di sini cuma dapet juara harapan 1.

Dunia persiagaan cukup sampai di sana. Saat kelas 5 dunia Penggalang mulai tercium bau-baunya. Ketua Regu Mawar diamanahkan kepada saya. cieee.. Tapi ini buat acara sehari tok kok. Dalam rangka memperingati hari Pramuka. 14 Agustus. Seru juga siih. Paginya pembukaan, dilanjutkan dengan “Wild Games”.

Wild Games itu semacam bertualang ke dunia luar, dengan berpatokan pada petunjuk-petunjuk yang harus dicari dan dipecahkan sendiri untuk tetep bisa lanjut meneruskan perjalanan. Dan nanti di tiap pos perhentian, kita harus memecahkan soal-soal lagi yang diberikan kakak-kakak panitia. Entah itu sandi-sandi, morse, semaphore, dll.

Malamnya ada api ungguuuuun!!! Untung di acara ini nggak diambil juara-juaraan gitu. Soalnya persiapan kami kurang mateng dan dijamin kalah. Muehehehe….

Event yang ditunggu-tunggu pun akhirnya tiba, Agustus 2003. Jambore dua tahunan sekecamatan untuk Penggalang.  Saya didaulat jadi ketua regu lagi doong. Badan kecil nggak menghalangi tekad saya untuk membawa Regu Melati nan harum mewangi menjadi juara di ajang ini. Wait, ajang? Hahaha… Emm, persiapannya lumayan lama dan bener-bener niat, karena sekolah kami memang sudah jadi langganan penyabet juara 1. Cieeee… :3

Entah ada berapa puluh sekolah yang turut serta dalam acara dua-tahun-sekali ini. Jamboree dilaksanakan di lapangan desa deket rumah selama 4 hari. Jadi, kalau mau mandi ya tinggal pulang, nggak perlu mandi di kali kayak teman-teman lain yang rumahnya jauh. Muehehe..

Seruuuu banget. Ada banyak aspek yang dinilai di jambore ini. Ada PBB, kerajinan tangan, semaphore, morse, haling rintang (mengayun di atas sawah basah pake tali tambang), keagamaan, dll. Dan yang pasti wild games di hari terakhir. Ini kayak puncak acaranya. Seperti tahun-tahun sebelumnya, malamnya dilanjutkan dengan api unggun. Malam penutupan dan seni budaya.  Beberapa sekolah dipersilakan menampilkan kesenian kebanggaan. Sekolah saya nampilain rebana dan tari. Yang jadi vokalis di tim rebana adalah Yuni. Temen deket saya. dia sekarang udah nikah loh guys, udah punya anak juga :’) Suara dia mantep abis lah. Untuk tarinya, kami nampilin Tari Merak. Berempat. SAYA salah satunya…muahahaha :B

Di Jambore se-Kwartir Tembarak ini saya bersama teman-teman regu Melati berjuang mati-matian. Ceilaaah… Dan sampailah pada saat yang ditunggu-tunggu. Jeng….jeng..jeng…. Kami gagal membawa pulang piala bergilir. Kami hanya berada di posisi kedua L Piala bergilir yang selama ini ada di sekolah harus direlakan pergi. Nangis deh saya sampe harus dituntun Pak Guru buat balik ke tenda. Dan baru bisa diem pas udah dipuk-puk Bapak. Pfffttt….

Nggak papa lah, yang penting kami udah maksimal. Dan mereka lebih maksimal :’)

Masa-masa SD ini adalah masa kejayaan saya, baik di bidang pelajaran maupun di luar pelajaran. Muehehehe… Pengen lanjut Pramuka di SMP, tapi iyyyuuuuhhh males banget. Yaudin, sampe di situ tok.

Semoga Pramuka di Indonesia tetep eksis dan bisa mendunia yaa. Jayalah Indonesia dan Selamat Hari Pramuka!!! *ngaco

*pict source: ini dan ini

3 komentar:

  1. -- ..- . .... . .... . .... . .... . .... .

    BalasHapus
  2. images anda menjadi ilustrasi di blog saya dan disana terdapat link back anda.
    silahkan kunjungi dan di link back yaa :-)

    http://dinnushobirin.blogspot.com/2013/02/cerita-kegembiraan-menyertai-malam-api.html

    terima kasih

    by dinnushobirin

    BalasHapus